Daily Activity SD

Jurnal

Jurnal Pagi adalah kegiatan pembuka dalam pembelajaran dengan Metode Sentra. Setiap anak mengambil kertas kosong yang disediakan guru di atas meja. Jurnal Pagi adalah proses transisi bagi anak dari rumah ke sekolah. Jurnal Pagi adalah proses pengkondisian anak untuk memasuki rangkaian kegiatan-kegiatan Sentra. Lebih dari sekedar aktivitas keaksaraan, Jurnal Pagi juga adalah proses pembangunan kemampuan kebahasaan, baik yang bersifat ungkapan maupun penerimaan atau pemahaman.

Mufrodat

Mufrodat merupakan rangkaian kegiatan siswa-siswi Nailufar setelah jurnal, agenda kegiatan waktu mufrodat mencakup kosa kata bahasa arab dan do'a yang silih berganti selama sepekan, sedangkan untuk kelas besar kosa kata diganti dengan percakapan bahasa arab beserta hafalan matan jazariyyah.

Halaqah Al Qur'an

Tahfidz Al Qur'an adalah kegiatan rutin pada setiap harinya di Sekolah Dasar Islam Nailufar, mengajarkan anak bukan hanya perkembangannya saja, al quran adalah salah satu program unggulan sekolah dengan target hafalan 5 juz.

Diniyah

Diniyah di Sekolah Dasar Islam Nailufar terbagi menjadi 2 yaitu: Praktek Ibadah dan Ilmu keislaman, dalam praktek ibadah hanya siswa kelas 1 dan 2 yang mengikutinya, siswa diajarkan bagaimana cara praktek sholat, praktek dzikir dengan benar. Dalam ilmu keislaman siswa diberikan pengetahuan seputar ilmu dasar islam, diantaranya: Fikih, tajwid, bahasa arab dan sirah nabawiyah.

Snack dan Makan Siang

Snack Time dan makan siang merupakan waktu yang krusial dalam pemberian pengajaran adab makan disamping menjaga energi siswa selama waktu KBM berlangsung.

Beres-beres

Beres-beres dilakukan siswa setiap selesai kegiatan, menstimulasi siswa akan tanggung jawab terhadap kegiatan mereka.

Tasmi'

Tasmi' adalah kegiatan rutin setiap satu pekan sekali, dimana setiap anak dipilih untuk melantunkan hafalannya di hadapan seluruh siswa SD dan guru. Tasmi' sendiri berguna untuk melatih self esteem anak.

Outdoor Activity

Outdoor activity adalah momen untuk menstimulasi psikomotorik anak melalui alat-alat main yang disiapkan berdasarkan kebutuhan perkembangan psikomotor siswa. Berlari zig zag, naik pohon, berayung di jungle gym, berjalan di atas balok atau lainnya.